Istilah smart city sudah tak asing lagi di telinga masyarakat, khususnya di Kota Bandung. Smart city menjadi salah satu target kerja dari sang Walikota. Salah satu prinsip dari implementasi smart city ini adalah penggunaan berbagai teknologi untuk menghimpun data yang kemudian dari data tersebut akan diolah menjadi informasi yang berguna pagi para pengambilan keputusan agar cepat dan tepat dalam mengambil tindakan.

CCTV merupakan salah satu teknologi untuk mengambil data mengenai kondisi di lingkungan. Di Indonesia, penggunaan CCTV banyak digunakan untuk memantau arus lalu lintas. Bahkan informasi dari CCTV tersebut dapat diakses oleh publik melalui situs resmi kepolisian maupun pihak swasta yang menyediakan jasa tentang info lalu lintas. Tentu informasi ini sangat berharga bagi pengguna jalan untuk menghindari titik kemacetan. Selain itu, info dari CCTV juga dapat digunakan untuk alasan keamanan. Walaupun lebih banyak sebagai bukti tindak kriminal, bukan untuk pencegahaan.

Tapi bagaimana jika informasi dari CCTV tersebut digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab? Seperti yang dituliskan pada artikel “Does CCTV put the public at risk of cyberattack?” yang dapat dibaca di laman securingsmartcities.org. Artikel dapat diunduh di sini.

 

Teknologi Smart City : Bak Pisau Bermata Dua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *