Menyambung postingan saya sebelumnya disini tentang publikasi ilmiah..kali ini saya akan merangkum artikel dari Sindonews tersebut karena menurut saya analisis penulisnya (Nanang Bagus Subekti) cukup menarik. Mari disimak..

Faktor-faktor penyebab rendahnya Publikasi Ilmiah International Indonesia

  1. Karya ilmiah  belum sepenuhnya menjadi aset  yang dipikirkan oleh beberapa  perguruan tinggi di Indonesia. Minimnya penghargaan terhadap  peneliti yang mampu  lolos publikasi internasional menjadi  salah satu penyebabnya. Untuk mengirimkan  sebuah artikel ke dalam jurnal internasional  tidaklah mudah. Seleksi yang  ketat tentu memakan biaya yang tidak  murah, baik dalam bentuk materi  maupun nonmateri.
  2. keterbatasan sumber daya dan  dana. Mahalnya  biaya berlangganan jurnal internasional  menjadi salah satu penyebab ketertinggalan  peneliti Indonesia terhadap perkembangan  ilmu pengetahuan. Tidak semua perguruan  tinggi di Indonesia memiliki kemampuan finansial  yang baik untuk berlangganan jurnal  internasional.
  3. lingkungan kerja. Tidak sedikit  perguruan tinggi di Indonesia yang belum  mampu menyediakan ruang kerja yang representatif  bagi dosennya. Ruang kerja untuk  dosen sebaiknya dilengkapi dengan fasilitas  kerja yang memadai seperti komputer, koneksi  internet, rak-rak untuk menampung bukubuku  sehingga dosen menjadi nyaman untuk  tinggal dan bekerja di kampus.
  4. gaji yang belum memadai.  Belum semua perguruan tinggi di Indonesia  memberikan gaji/penghargaan yang layak  untuk dosen-dosennya. Dampaknya adalah  mereka belum bisa sepenuhnya mencurahkan  pikiran dan tenaga untuk mengurusi  publikasi ilmiah sehingga produktivitas  karya ilmiahnya rendah.
  5. kemampuan bahasa  Inggris. Kualitas bahasa Inggris  yang baik menjadi  faktor penting  untuk menentukan  apakah sebuah karya tulis layak  untuk diterbitkan  atau tidak.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada faktor lainnya?

sumber : http://nasional.sindonews.com/read/988644/162/rangking-publikasi-ilmiah-internasional-indonesia-1428903924/

 

Mengapa Publikasi Ilmiah Indonesia tertinggal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *